Mie Goreng Sakti

Pecinta Kuliner di seluruh dunia, NO MENTAH

Tuesday, May 19, 2020

Metode Masak Gulai Ikan Dencis Yang Pas

Metode Masak Gulai Ikan Dencis Yang Pas




Miegorengsakti - Dikala ini aku hendak memberitahukan metode masak gulai ikan dencis dengan pas serta lezat. Ikuti berikut ini:


Gulai ialah salah satu tipe santapan dengan bahan baku daging( ayam, kambing, sapi, jeroan), ataupun dengan bahan baku aneka ikan, serta sebagian tipe sayur- mayur menyamai buah nangka muda serta saun singkong. Metode memasak gulai ikan memakai bumbu rempah sehingga menciptakan kuah yang gurih.

Bumbu rempah yang digunakan dalam membuat gulai mempunyai karakteristik khas sendiri. Bumbu rempah yg kerap digunakan ialah kunyit, lada, ketumbar, jahe, cabe merah, lengkuas, bawang putih, bawang merah, serai, kayu manis, adas, pala dan jintan.

Seluruh bumbu rempah tersebut dihaluskan( kecuali serai, kayu manis). Setelah itu seluruh bumbu tersebut dicampur serta dimasak dalam santan. Gulai biasanya bercorak kuning disebabkan pengaruh sari kunyit. Gulai identik dengan kari, oleh sebabnya itu, santapan ini kerap pula diucap bagaikan kari ala Indonesia.

Sebagian daerah dinusantara diketahui dengan kuliner gulai ini, paling utama diwilayah jawa serta sumatera. Banyaknya bumbu rempah yang digunakan dalam formula masakan gulai memanglah sedikit banyak dipengaruhi oleh seni memasak dari India yg banyak dalam pemakaian rempah serta bumbu.

Sumatera barat menyamai minangkabau, Gulai ialah salah satu bumbu hidangan dasar yg sangat diketahui dlm kuliner minangkabau. Kuah gulai dijadikan bumbu dalam tiap kuliner padang serta menampilkan citarasa yang lezat pada tiap kuliner tersebut.

Sebaliknya di jawa sendiri, gulai pula jadi kuliner yang banyak digemari oleh warga, tetapi memanglah terdapat perbandingan antara gulai khas sumatera serta jawa. Buat gulai jawa, kuah gulai lebih cari menyamai sup, sebaliknya kuah gulai khas sumatera mempunyai kuah yang kental.

Ikan Dencis


Ialah Ikan yang berdimensi kecil serta ramping, panjang badan dekat 15 centimeter ataupun kurang, namun terdapat pula yang bisa menggapai lebih dari 20 centimeter.

Lemuru biasanya nyaris silindris, dengan besar badan( body depth) dekat 25% panjang standar. Tembang bertubuh lebih lebar serta pipih, dengan besar badan dekat 30% panjang standar.

Sirip punggung berdimensi lagi, di tengah badan, kira- kira sejajar dengan sirip perut. Sirip ekor berbagi dalam. Sisi dasar badan berlingir( berlunas tajam).

Metode Masak Gulai Ikan Dencis


Bahan- bahan:


- 1 ekor ikan tongkol, potong potong
- Santan, dari 1 kelapa
- 2 lembar daun jeruk
- 2 btg serai, geprek
- 1 ruas lengkuas, geprek
- garam serta gula secukupnya

Bumbu Halus:


- 10 buah cabe merah keriting
- 5 buah bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 2 centimeter kunyit
- 3 butir kemiri
- 2 centimeter jahe

Metode Membuat Gulai Ikan Dencis:


1.Tumis bumbu halus sampai harum, masukan serai, lengkuas serta daun jeruk sehabis itu aduk sampai rata.
2. Masukan santan, aduk terus supaya santan tidak rusak, masak sampai mendidih.
3. Masukan ikan, garam serta gula seperlunya, masak degan api kecil sampai bumbu menyerap serta kuah sedikit menurun dan ikannya juga matang.
4. Angkat serta Sediakan.

Demikian postingan yang bisa aku buat tentang metode membuat gulai ikan dencis. Mudah- mudahan bisa berguna serta bermanfaat buat yang suka masakan ikan ini salah satu olahannya.

No comments:

Post a Comment